header-int

Senam Lansia di Desa Talun Kondot

Senin, 16 Jul 2018, 21:44:15 WIB - 91 View
Share
Senam Lansia di Desa Talun Kondot

Senam Lansia di Desa Talun Kondot Simalungun Bersama dengan Akademi Kebidanan AGATHA Pematangsiantar dan Akademi Keperawatan Abdi Florensia.

Keberadaan lanjut usia (lansia) diperhatikan karena lansia merupakan bagian dari perjalanan hidup manusia. Sebagian masyarakat menganggap lansia sebagai manusia tidak berdaya sehingga segala aktivitas sangat dibatasi. Latihan atau exercise sangat penting untuk menghindari perubahan yang tiba-tiba dan gaya hidup aktif kegaya hidup sederhana. Lansia merupakan usia dimana rentan terjadi masalah pada kesehatan fisik dan mental.

jenis olahraga yang bisa dilakukan pada Lansia antara lain adalah senam lansia. Aktivitas olahraga ini akan membantu tubuh tetap bugar dan segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal, dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh. Dapat dikatakan bugar, atau dengan perkataan lain mempunyai kesegaran jasmani yang baik bila jantung dan peredaran darah baik sehingga tubuh seluruhnya dapat menjalankan fungsinya dalam waktu yang cukup lama (Sumosardjuno, 1998). Senam lansia disamping memiliki dampak positif terhadap peningkatan fungsi organ tubuh juga berpengaruh dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia setelah latihan teratur (Depkes,1995). Tingkat kebugaran dievaluasi dengan mengawasi kecepatan denyut jantung waktu istirahat, yaitu kecepatan denyut nadi sewaktu istirahat. Jadi supaya menjadi lebih bugar, kecepatan denyut jantung sewaktu istirahat harus menurun (Powell, 2000).
Sasaran dari kegiatan ini adalah lansia di Desa Talun Kondot Simalungun. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 11 Juni 2014 di Desa Talun Kondot Simalungun. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa senam, pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan bersama dengan lansia peserta Posyandu Lansia. Narasumber yang ditunjuk untuk kegiatan ini yaitu Akademi Kebidanan Agatha Pematangsiantar dan Akademi Keperawatan Abdi Florensia.( Humas Agatha Pematangsiantar )

Unidha Akademi Kebidanan Agatha - Pematangsiantar resmi menjadi AKBID dengan nama AKADEMI KEBIDANAN AGATHA. Keputusan tersebut diresmikan dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diterima pihak yayasan pada tanggal 3 September 2017 lalu. Ketua Yayasan Pendidikan AKADEMI KEBIDANAN AGATHA-PEMATANGSIANTAR Dr. Maruli Pardede (Alm) mengatakan bahwa telah mengupayakan proses naik kelas menjadi AKADEMI TERKEMUKA.
© 2018 Akademi Kebidanan AGATHA Follow Akademi Kebidangan AGATHA : Facebook Twitter Linked Youtube